Anang Kurnia

Dilahirkan dan dibesarkan di Tasikmalaya.  Anang merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Sejak 1997, Anang bergabung sebagai dosen dan peneliti di Departemen Statistika IPB.

Topik riset yang digeluti saat ini adalah: (1) Small Area Estimation, (2) Generalized Linear (Mixed) Model, (3) Bayesian Statistical Methods, (4) Applied Statistics

Kontak e-mail : anangk[at]apps.ipb.ac.id;   akstk29[at]yahoo.com

Pendidikan dasar dan menengah :

1. SDN Rajadatu 1, Tasikmalaya

2. SMPN Cineam, Tasikmalaya

3. SMAN 1 Tasikmalaya

—————————————–

2013.

Penelitian yang saat ini sedang dikerjakan adalah dalam topik besar “Robust Small Area Estimation“.  Diawali dengan penanganan long tailed distribution melalui transformasi logaritma, penelitian dilanjutkan dengan penanganan pengaruh pencilan (outlier).  Ada tiga masalah yang dihadapi yaitu (1) pengaruh pencilan dalam pengaruh tetap terkait dengan pendugaan parameter peubah penyerta – auxiliary variable, (2) pengaruh individu, dan (3) pengaruh area.

Adapun fokus kajian saat ini adalah penanganan pengaruh long tailed distribution pada SAE dengan pendekatan winsorization yang merupakan tindak lanjut dari fokus penelitian sebelumnya.  Penelitian ini berdasarkan pada ketersedian data pada SUSENAS dan PODES yang dipublikasikan oleh BPS.

 

2014.

Penelitian pada tahun 2014 merupakan kelanjutkan dari penelitian pada tahun 2013 dan masih dalam topik besar “Robust Small Area Estimation“.  Bidang kajian aplikasi dilakukan untuk pemetaan kemiskinan pada level kecamatan berdasarkan data SUSENAS.

 

2015.

Pada tahun 2015, kami melakukan kajian untuk analisis data pada “survey berulang”.  Penelitian ini didasarkan pada teknik pengumpulan data SUSENAS yang mulai tahun 2011 dilakukan secara berulang dalam setiap tahunnya.  Bentuk survey berulang lain, walaupun sedikit berbeda metodenya adalah SAKERNAS.